Batasan Usia Remaja Ternyata Ada dalam Rentang Ini

Batasan Usia Remaja Ternyata Ada dalam Rentang Ini

Batasan Usia Remaja Ternyata Ada dalam Rentang Iniremaja adalah dianggap masa transisi dalam periode anak-anak ke periode dewasa, periode ini dianggap sebagai masa-masa yang sangat penting dalam kehidupan seseorang yang khususnya dalam pembentukan kepribadian individu. Batasan usia remaja sampai saat ini masih banyak menjadi pertanyaan bagi orangtua. Remaja adalah masa transisi bagi seorang anak menuju dewasa.

Bagi orangtua, mengetahui batasan usia remaja serta perubahan yang terjadi pada buah hati dapat menjadi dasar untuk mendampingi mereka untuk melalui fase yang terasa seperti roller coaster ini.Batasan usia remaja berdasarkan riset Definisi mengenai batas usia remaja sendiri sangat beragam. Menurut organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO), batas usia remaja adalah 10-19 tahun, tapi juga ada istilah ‘anak muda’ dengan rentang usia 15-24 tahun.

Sementara itu menurut penelitian yang diterbitkan jurnal The Lancet, Dilansir dari Daftar IDN Poker777 batas usia remaja adalah 10-24 tahun atau setara dengan anak muda versi WHO.  Kesimpulan riset ini berdasarkan kriteria bahwa remaja adalah orang yang berada pada masa transisi, dan belum menikah atau memiliki tanggungan hidup apapun.Remaja juga dapat dibagi menjadi early (10-14 tahun), middle (15-17 tahun), dan late (18-19-tahun).

Perubahan fisik pada remaja

Berapapun batasan usia remaja yang Anda jadikan patokan, para peneliti sepakat bahwa anak akan mengalami perubahan hormon alias pubertas di masa ini. Kondisi fisik maupun cara berpikir mereka akan berubah dalam tahapan tertentu.Perubahan yang paling terlihat terjadi pada alat vital remaja laki-laki dan perempuan, seperti berikut ini.

1. Pada laki-laki

Remaja Laki-laki Juga perlu Perawatan Kulit, Lho! : Okezone Lifestyle

Pubertas muncul pada usia 9-14 tahun ditandai dengan membesarnya testis yang diikuti oleh penis sekitar satu tahun kemudian, dan bulu kemaluan pada usia 13 tahun. Anak laki-laki yang mulai memasuki batas usia remaja juga akan mengalami mimpi basah, yakni keluarnya air mani saat tidur di malam hari.

2. Pada perempuan

Fakta Menstruasi Pertama Remaja Perempuan : Okezone Lifestyle

Pubertas muncul pada usia 8-13 tahun, ditandai dengan membesarnya payudara dan tumbuhnya bulu kemaluan di saat yang sama. Remaja perempuan juga akan mengalami menstruasi pada usia 10-16 tahun, serta mulai memiliki bulu ketiak di umur 12 tahun.Baik remaja laki-laki dan perempuan juga akan mengalami perubahan pada karakteristik seks sekunder, yakni ciri khas gender yang tidak berhubungan dengan organ reproduksi.Perubahan yang dimaksud misalnya suara yang semakin halus (bagi perempuan) atau berat (bagi laki-laki), bentuk tubuh, persebaran bulu kemaluan yang bisa hingga bagian paha dan perut, maupun rambut wajah (kumis dan jenggot) dan jakun bagi laki-laki.