Beberapa Cara Mencegah Supaya Tidak Pikun di Usia yang Muda

Beberapa Cara Mencegah Supaya Tidak Pikun di Usia yang Muda

Beberapa Cara Mencegah Supaya Tidak Pikun di Usia yang Muda – Pikun umumnya diartikan sebagai kondisi berkurangnya daya ingat atau memori. Banyak orang yang beranggapan bahwa pikun merupakan efek penuaan yang tidak dapat dihindari. Mendengar kata pikun pasti di pikiranmu tidak akan jauh dari penyakit yang banyak diderita oleh orang tua. Namun, di usia muda sekalipun, kamu juga bisa, lho, mengalami hal yang satu ini.

Kemampuan mengingat dan memproses sesuatu memang berkurang secara bertahap dari waktu ke waktu. Namun, bukan berarti saat beranjak tua, seseorang pasti mengalami pikun atau menjadi sering lupa. Pemicunya banyak sekali, mulai dari stres yang tidak terorganisir, punya gangguan psikologis, hingga kurang tidur.

Akan tetapi, tenang saja, kamu bisa mencegah kepikunan sehingga hal semacam ini tidak akan terjadi di masa muda kamu. Cara yang bisa kamu lakukan juga terbilang mudah dan sederhana asal kamu mau dan tekun berusaha. Wah, jadi penasaran banget, nih, seperti apa cara yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini! Check this out!

1. Menulis pencapaian sekecil apa pun pada sebuah jurnal
5 Langkah Sederhana Mencegah Kepikunan di Usia Muda, Tertarik Mencoba?

Misalnya, hari ini kamu berhasil mengganti lampu bohlam di kamarmu atau kamu mendapat ilmu baru tentang digital marketing di internet atau bahkan akhirnya kamu tahu online shop mana yang menjual blouse yang sudah kamu idam-idamkan selama ini.

Apa pun itu bentuk pencapaianmu, cobalah untuk membiasakan diri menuliskannya ke dalam sebuah jurnal. Kamu juga bisa menuliskan hal baik atau peristiwa apa aja yang terjadi dalam hidupmu setiap hari. Jadi, tidak perlu waktu lama kamu akan mulai merasakan perubahannya.

2. Membuat to do list untuk kegiatan yang akan dilakukan setiap hari
5 Langkah Sederhana Mencegah Kepikunan di Usia Muda, Tertarik Mencoba?

Mungkin menurutmu melakukan hal semacam ini adalah kebiasaan yang tidak perlu, terkesan jadul, bahkan tidak penting. Namun, membiasakan diri membuat to do list untuk kegiatan yang akan dilakukan setiap hari justru malah membantu kamu, khususnya dalam mencegah kepikunan.

Buatlah to do list yang berisi kegiatanmu dari mulai bangun hingga menjelang tidur. Kamu juga boleh, kok, kalau ingin membuat to do list selama satu minggu ke depan.

3. Menjadwalkan waktu me time
5 Langkah Sederhana Mencegah Kepikunan di Usia Muda, Tertarik Mencoba?

Salah satu penyebab kepikunan adalah burn out. Burn out umumnya terjadi karena tekanan hidup sehari-hari yang membuat kita jenuh hingga stres dalam menjalaninya. Untuk itu, kamu perlu menjadwalkan waktu me time.

Entah melakukan hobi, tidur siang, atau bahkan tidak melakukan kegiatan apa pun seharian. Pokoknya, jangan paksa dirimu untuk bekerja terus menerus, ya. Beri waktu istirahat juga pada tubuh serta pikiranmu.

4. Gunakan bantuan aplikasi pengingat di ponsel pintarmu
5 Langkah Sederhana Mencegah Kepikunan di Usia Muda, Tertarik Mencoba?

Jika kamu merasa masih muda, tetapi sering lupa, tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan dari aplikasi yang ada di ponsel pintarmu. Aplikasi ini akan membantu mengingatkanmu untuk melakukan kegiatan apa saja setiap harinya.

Dengan begitu, kehidupanmu akan jauh lebih tertata dan tidak akan melewatkan hal apa pun, deh. Coba pasang aplikasi pengingat di ponsel kamu, yuk!

5. Pilih orang yang tepat untuk bercerita
5 Langkah Sederhana Mencegah Kepikunan di Usia Muda, Tertarik Mencoba?

Tidak baik, lho, memendam apa yang kamu rasakan sendirian. Ada baiknya carilah orang yang tepat untuk bercerita. Mungkin tidak banyak solusi yang kamu dapat, tetapi setidaknya kamu jauh lebih lega.

Menceritakan pada orang lain juga bisa membantu kamu menurunkan risiko terkena kepikunan di usia muda. Orang yang tepat di sini bisa berarti pasangan, keluarga, teman, sahabat, atau bantuan profesional seperti psikolog.