Beberapa Nasihat Baik Agar Masa Muda Jadi Lebih Berkualitas

Beberapa Nasihat Baik Agar Masa Muda Jadi Lebih Berkualitas

Beberapa Nasihat Baik Agar Masa Muda Jadi Lebih Berkualitas – Masa muda merujuk pada seseorang antara usia 17 sampai 25, di bawah itu adalah remaja sedangkan usia 26 sampai 39 itu adalah usia dewasa di mana orang tengah pada titik puncaknya dan untuk di atas itu adalah usia pertengahan.

Orang muda biasanya sehat, dan jarang menjadi sasaran penyakit maupun masalah akibat penuaan. Masa muda memang masa yang paling menyenangkan. Energimu lagi besar-besarnya dan kamu belum punya banyak beban pikiran. Namun, kamu jangan sampai terlena, ya!

Sebab, masa muda yang tidak dimanfaatkan dengan baik dapat membuat masa depanmu berantakan. Bersenang-senang selagi muda memang perlu untuk dilakukan. Tapi ingat, kamu juga punya tanggung jawab yang besar atas masa depanmu sendiri.

1. Hidup bukan hanya menunggu melainkan bertindak
5 Nasihat Bijak untuk Melalui Masa Muda, Jangan Jadi Percuma! 

Dengan energimu yang besar, seharusnya kamu lebih aktif dalam melakukan segala cara demi membangun masa depanmu. Sayang sekali kalau kamu terlalu asyik berdiam diri dan berpikir nasib baik akan dengan sendirinya menghampirimu.

Nasib baik dan masa depan yang cerah bukanlah untung-untungan. Keduanya ialah buah dari kerja keras dan doa. Dalam setiap keputusan yang kamu ambil dan ikhtiarmu, di situlah kamu sedang mengukir takdirmu.

2. Hidup juga bukan cuma soal bersenang-senang, melainkan menghadapi kenyataan
5 Nasihat Bijak untuk Melalui Masa Muda, Jangan Jadi Percuma! 

Tidak ada yang melarangmu untuk bersenang-senang selagi muda. Sebab masa tua belum tentu menjadi milikmu. Akan tetapi, apa tidak bosan dan justru merasa hampa kalau masa muda dihabiskan hanya dengan bersenang-senang?

Saking sukanya bersenang-senang, kamu sampai mengabaikan kenyataan termasuk kemampuan keuanganmu yang mungkin tak sebanding dengan keinginan-keinginanmu. Mustahil untukmu selamanya lari dari kenyataan seperti ini.

Kamu harus belajar makin dewasa dari waktu ke waktu. Hadapilah semua kenyataan dalam hidupmu, tak terkecuali kamu harus bekerja dan berhemat demi mencukupi semua kebutuhan serta masih dapat menabung.

3. Kecepatan kadang penting, tetapi jangan abaikan kehati-hatian
5 Nasihat Bijak untuk Melalui Masa Muda, Jangan Jadi Percuma! 

Diam dan hanya menunggu nasib baik menghampirimu jelas tidak tepat. Namun, selalu tergesa-gesa dalam menyongsong masa depan juga bisa amat berbahaya, lho.

Walaupun dorongan jiwa muda membuatmu menyukai segala yang cepat, bersabarlah. Tak hanya dalam berkendara, menjalani hidup dengan tergesa-gesa pun dapat berujung celaka.

Nanti kamu terlalu sering melakukan kesalahan yang sebetulnya masih dapat dihindari asal kamu lebih berhati-hati. Contoh, ingin cepat kaya lantas mau melakukan apa saja. Salah-salah bukannya kaya malah dibui karena terlibat kejahatan. Amit-amit!

4. Masa depan terlihat mengerikan bila dibayangkan, tetapi tidak jika dijalani
5 Nasihat Bijak untuk Melalui Masa Muda, Jangan Jadi Percuma! 

Meski masa muda identik dengan waktunya bersenang-senang, tetap saja ada cukup banyak waktu yang akan kamu habiskan dengan mencemaskan masa depan. Inilah yang kerap disebut sebagai quarter life crisis. 

Kabar baiknya, segala kecemasan yang kamu rasakan terkait masa depan sebenarnya adalah pendorong agar kamu berusaha dengan lebih baik lagi untuk mewujudkan masa depan yang diimpikan. Tentu, asal kamu tak berhenti hanya pada rasa cemas itu.

Tetaplah melakukan hal-hal penting yang harus kamu lakukan seperti berkuliah, magang, bekerja, dan sebagainya. Cuma itu yang akan dapat mengurangi kecemasanmu tentang masa depan sekaligus membentuk masa depan itu sendiri.

5. Jangan terbebani harapan orang lain
5 Nasihat Bijak untuk Melalui Masa Muda, Jangan Jadi Percuma! 

Bila kamu mencermati semua harapan orang padamu, pasti bakal ditemukan inti yang sama. Mereka sebenarnya hanya ingin kamu memiliki kehidupan yang baik dalam hal finansial maupun sosial.

Nah, standar kehidupan yang baik inilah yang berbeda-beda setiap orang. Kamu tidak perlu berusaha memenuhi semua standar itu. Pilih yang sesuai denganmu saja atau tetapkan standarmu sendiri.

Cara untuk mencapainya pun terserah kamu asalkan tetap baik. Perihal target waktunya juga sebaiknya fleksibel saja. Ingat, orang lain boleh berharap apa pun padamu, tapi kamulah yang paling berhak untuk mengatur kehidupanmu.

Apabila kelima nasihat di atas diterapkan, masa mudamu tidak akan sia-sia. Kamu tetap mampu menikmatinya tanpa mengabaikan tugasmu membangun masa depan yang cerah. Selamat berjuang!

Masa muda adalah di mana kamu akan menemukan jati diri, mencari eksistensi, serta pengalaman yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Biasanya terjadi di rentang usia 17 sampai 25 tahun. Namun tidak sedikit dari mereka yang menyalahgunakan masa mudanya. Padahal banyak sekali hal yang seharusnya kamu lakukan.

Karena cerdas saja tidak cukup, kamu harus pandai bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain. selain itu, kamu juga harus bisa mengenali bagaimana karakter mereka.

Membangun relasi dengan siapapun karena kita tidak tahu, nantinya mereka akan menjadi apa. Bahkan yang kamu anggap buruk, bisa jadi dia sebenarnya punya jiwa sukses. Jangan pernah segan untuk menyapa orang terlebih dulu.