Beberapa Penyebab Perut Buncit Pada Anak Remaja Perempuanmu

Beberapa Penyebab Perut Buncit Pada Anak Remaja Perempuanmu

Beberapa Penyebab Perut Buncit Pada Anak Remaja Perempuanmu – Anak remaja perempuan selalu memperhatikan hal-hal mendetail yang berhubungan dengan penampilan mereka, mulai dari memilih baju, make-up, sampai menata rambut. Perut buncit atau perut gendut, dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral, adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen.

Namun, semua kerja keras mereka rasanya akan kacau jika tiba-tiba perut mereka terlihat membuncit. Perut bucit akan sangat menganggu penampilan mereka. Bagi sebagian anak remaja hal ini akan mengurangi rasa percaya diri, bahkan ada kemungkinan hal tersebut menganggu pikiran mereka. Anak-anak perempuan rela merogoh kocek berapapuna agar kembali mendapatkan perut yang rata.

Salah satu caranya dapat dilakukan dengan mengetahui hal-hal atau kebiasaan apa saja yang menjadi pemicu perut buncit. Penyebab perut buncit pada anak remaja perempuanmu. Buang rasa penasaranmu dan ikuti pembahasan ini dengan baik!

1. Tidak suka makan sayuran
1. Tidak suka makan sayuran

Tidak dapat dibantah lagi jika sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang paling menyehatkan. Sayuran mampu mencegah berbagai penyakit, termasuk perut buncit pada anak remaja perempuan mama.

Penelitian menunjukkan bahwa memakan berbagai jenis sayuran menjadi salah satu cara terbaik menghilangkan lemak di perut. Sayur-sayuran mengandung serat dan zat gizi tinggi yang dapat membantu melarutkan lemak dalam tubuh. Serat juga membuat tubuh merasa cepat kenyang sehingga anak remajamu tidak makan secara berlebih.

Sayuran juga membantu tubuh memperbaiki BAB yang tidak lancar. Tanpa disadari ini membantu tubuh mengolah sisa makanan agar tidak menjadi lemak.

2. Waktu tidur kurang
2. Waktu tidur kurang

Kurang tidur tidak hanya mengganggu aktivitas anak remaja mama, lebih dari itu kurang tidur juga dapat menjadi dalah satu penyebab perut buncit.

Seringkali aktivitas dan tugas sekolah anak-anak memaksa mereka untuk memaksa tubuh tidak bekerja ekstra, sehingga akhirnya jadi kurang tidur. Berbagai penelitian menemukan fakta bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko berat meningkatnya berat badan.

Ini termasuk termasuk memicu penumpukan lemak visceral pada tubuh mereka.

3. Banyak pikiran dan stres
3. Banyak pikiran stres

Stres juga menjadi salah satu kondisi yang menganggu kerja tubuh, termasuk menjadi salah satu penyebab munculnya perut buncit.

Pada beberapa orang, rasa stres dan beban pikiran membuat nafsu makan mereka bertambah, terutama terhadap makanan manis dan tinggi lemak. Lama-kelamaan tentu saja hal ini akan membuat perut anak perempuan mama menjadi buncit.

Penelitian juga menyatakan bahwa stres dapat memproduksi hormon korsitol yang berperan dalam penumpukan lemak perut. Tingginya kadar hormon ini mempengaruhi penumpukan lemak di area perut sehingga menyebabkan terjadinya perut buncit.

4. Kebiasaan makan yang tidak sehat
4. Kebiasaan makan tidak sehat

Tidak semua anak remaja perempuan memiliki pola makan yang teratur. Terkadang banyak dari mereka yang kecurian makan di waktu yang tidak tepat.

Seperti makan banyak di malam misalnya. Mungkin remaja perempuan mama seringkali makan terlalu banyak di malam hari bersama keluarga ataupun teman-teman. Ini sebenarnya dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi dan menganggu pola tidur.

Sebaiknya makanlah buah-buahan ketika anak remaja merasa lapar di malam hari atau ingin nyemil. Mengonsumsi buah malahan akan menghindarkan anak dari perut buncit.

5. Jarang berolahraga
5. Jarang berolahraga

Perut buncit merupakan kondisi menumpunyai lemak dalam tubuh. Lemak sendiri akan hilang jika anak remaja rajin menggerakkan tubuh dan berolahraga.

Ketika anak jarang berolahraga dan beraktivitas fisik, lemak dari makanan yang ia konsumsi sehari-hari tentunya tidak terbakar dengan baik. Dampaknya lemak tersebut tertimbun di satu bagian saja, yaitu di perut.

Untuk menghindari perut buncit, anak remaja mama dapat melakukan olahraga dengan intensitas yang sedang, seperti jogging, aerobik, ataupun berjalan cepat. Minimal lakukan hal tersebut dalam waktu 30-60 menit secara rutin.

6. Terdapat bakteri di usus
6. Terdapat bakteri usus

Penyebab perut buncit yang terakhir ternyata tidak diakibatkan oleh pola makan ataupun kebiasaan remaja perempuanmu yang tidak sehat. Ternyata perut buncit juga dapat disebaban oleh bakteri di usus.

Beberapa bakteri memang hidup di dalam usus, namun tidak semuanya termasuk bakteri baik. Beberapa bakteri dapat merugikan tubuh, salah satu contohnya ialah bakteri Firmicutes.

Penelitian menunjukkan bakteri Firmicutes di usus dalam jumlah berlebih dapat menaikan berat badan, termasuk menciptakan lemak perut.