Berikut Dilema Hidup yang Hadir Saat Menuju Tahap Kedewasaan

Berikut Dilema Hidup yang Hadir Saat Menuju Tahap Kedewasaan

Berikut Dilema Hidup yang Hadir Saat Menuju Tahap Kedewasaan – Dalam  psikologi , kedewasaan adalah kemampuan untuk merespon lingkungan  dengan menyadari waktu dan tempat yang tepat untuk berperilaku dan mengetahui kapan harus bertindak, sesuai dengan keadaan dan budaya masyarakat tempat ia tinggal. Perkembangan orang dewasa dan teori kedewasaan mencakup konsep tujuan dalam hidup.

Di mana kedewasaan menekankan pemahaman yang jelas tentang tujuan hidup, keterarahan, dan intensionalitas, yang berkontribusi pada perasaan bahwa hidup itu bermakna. Umumnya, persoalan yang banyak ditemui di fase anak-anak hingga remaja, hanya soal diputusin pacar, gebetan yang tak kunjung melirik atau memberi perhatian, atau PR Fisika yang penyelesaiannya bikin kepala mau pecah.

Ada banyak persoalan hidup yang belum kamu jamah. Berbeda halnya ketika kamu sudah mulai beranjak dewasa. Kamu pun sadar, bahwa ternyata untuk jadi dewasa itu gak mudah, ya. Yang paling menguras energi, adalah ketika kamu dihadapkan pada berbagai dilema hidup. Seperti beberapa jenis dilema yang akan dijabarkan berikut ini. Simak terus!

1. Persoalan pendidikan
5 Dilema yang Dirasakan saat Beranjak Dewasa, Siapkan Jiwa!

Gak semua orang punya kemampuan finansial yang cukup, sehingga bisa mengecap bangku kuliah. Ketika di akhir-akhir masa SMA, kamu pun kebingungan, mau kuliah tapi dengan kondisi uang pas-pasan, atau bekerja dulu sampai keuangan cukup mapan.

Di satu sisi, kamu gak mau merepotkan orangtua dengan biaya kuliah yang pastinya sangat besar. Tapi, di sisi lain, kamu sadar, bahwa dengan kuliah, kamu bisa mendapatkan ilmu yang lebih dalam, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan dengan posisi dan gaji yang baik pun, akan lebih besar.

2. Persoalan pekerjaan
5 Dilema yang Dirasakan saat Beranjak Dewasa, Siapkan Jiwa!

Hal lain yang juga sering jadi dilema ketika kamu beranjak dewasa, yakni persoalan pekerjaan. Apakah harus kukuh menuruti bidang yang sudah kamu pelajari, yang sesuai passion, atau memilih pekerjaan jenis apa aja selama itu halal.

Ingin sesuai passion, tapi lamaranmu belum kunjung ada hasil. Sementara, yang mendapat respons positif di luar jalur yang ingin kamu jalani. Takutnya, kalau sudah terlanjur menerima yang di luar passion kamu, eh, dapat panggilan dari perusahaan yang sudah kamu incar selama ini. Pusing!

3. Mengenai tujuan hidup
5 Dilema yang Dirasakan saat Beranjak Dewasa, Siapkan Jiwa!

Saat melihat teman-teman lain yang tampak sudah stabil dengan karier pilihan mereka, atau sudah memutuskan untuk membangun keluarga sendiri dengan menikah, kamu merasa, kok, hidupmu gini-gini aja. Bukan berarti kondisimu buruk-buruk amat. Hanya saja, seperti ada kegundahan yang selalu membayangimu tiap hari. Terasa hampa!

Quarter life crisis ini memang kerap dialami oleh mereka yang berusia 18 hingga 30 tahun. Supaya kamu gak terjebak dalam kegundahan yang tak berkesudahan, cobalah untuk mengatasinya. Misalnya, dengan tidak membandingkan diri sendiri, karena setiap orang punya jalan hidup masing-masing, lho.

Mungkin kamu perlu juga merenungkan atau melakukan kontemplasi mengenai jalan hidupmu. Apa, sih, yang benar-benar ingin kamu raih dalam hidup ini. Dan, jangan lupakan yang penting, untuk segera take action supaya kamu gak sampai overthinking.

4. Kondisi pertemanan
5 Dilema yang Dirasakan saat Beranjak Dewasa, Siapkan Jiwa!

Sudah kodratnya, semakin dewasa, jumlah teman jadi semakin sedikit. Terkadang, kamu jadi merasa kesepian, karena teman yang dulu dekat, kini sudah banyak yang sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri.

Sekalipun ada teman, perilakunya toksik. Mau ditinggal, tapi takut kamu gak punya teman dekat sama sekali. Jadi bingung!

5. Perihal jodoh
5 Dilema yang Dirasakan saat Beranjak Dewasa, Siapkan Jiwa!

Lihat seumuran yang sudah menikah dan tampak bahagia, terbersit keinginan dalam hati untuk bisa memiliki kebahagiaan itu juga. Namun, kamu masih bimbang karena merasa belum siap untuk mengambil langkah besar itu.

Selain kondisi finansial, kamu merasa masih ada banyak hal dalam hidup ini yang ingin kamu lakukan. Dan akan sulit diwujudkan, jika nanti sudah berkeluarga. Namun, orangtua sudah sering banget memberi kode keras supaya kamu segera menikah. Mengikuti keinginan orangtua, atau memilih jalan sendiri, nih?

Itu dia sekelumit permasalahan hidup orang dewasa yang sering jadi dilema. Apa pun dilema yang sedang kamu hadapi, jangan lupakan, bahwa yang menjalani hidupmu adalah kamu sendiri.

Kalaupun pilihanmu itu berlawanan dengan keinginan orangtua, pastikan, bahwa kamu benar-benar bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut. Jadi, jangan cuma asal pilih saja dan gak mempertimbangkan konsekuensinya, ya.

Status kedewasaan dibedakan dengan pergeseran dari ketergantungan pada perwalian dan pengawasan orang dewasa dalam tindakan pengambilan keputusan. Kedewasaan memiliki definisi yang berbeda dalam konteks hukum, sosial, agama, politik, seksual, emosional, dan intelektual.

Usia atau kualitas yang ditetapkan untuk masing-masing konteks ini terkait dengan indikator kemandirian yang signifikan secara budaya yang sering kali bervariasi sebagai akibat dari sentimen sosial.