Cara Agar Membuat Anak Remaja Suka Minum Air Putih

Cara Agar Membuat Anak Remaja Suka Minum Air Putih

Cara Agar Membuat Anak Remaja Suka Minum Air Putih – Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Zaman sekarang, ada begitu banyak variasi minuman yang dijual di pasaran. Mulai dari boba, aneka es kopi, susu berbagai rasa, atau pun es-es dengan rasa kekinian yang menarik.

Sayangnya, minuman-minuman tersebut lebih populer ketimbang minum air putih yang lebih menyehatkan.  Padahal kurang minum air putih dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, antara lain dehidrasi. Sedangkan tubuh melepaskan air sepanjang hari dalam berbagai bentuk, misalnya keringat, air seni, bahkan nafas.

Lalu, bagaimana caranya mendorong remaja agar mau minum air putih lebih banyak? Berikut  tips agar remaja suka minum air putih, dilansir dari Mom Junction:

1. Sediakan air putih di mana pun
1. Sediakan air putih mana pun

Ketika remaja akan bepergian, sediakan botol minum berisi air putih untuknya. Di mobil atau di tas, selalu siapkan air putih agar mudah dijangkau anak. Bekali anak dengan botol minum di tas sekolahnya sehingga setiap kali ia haus, ia dapat mengisi ulang sendiri botol minumnya.

2. Buatlah jadwal pasti minum air putih
2. Buatlah jadwal pasti minum air putih

Mungkin sulit bagi remaja untuk minum air putih ketika beraktivitas di luar rumah. Tetapi orangtua dapat membangun kebiasaan dengan membuat jadwal pasti yang mudah diikuti. Misalnya satu gelas di pagi hari, satu gelas sebelum makan siang, satu gelas setelah makan siang, dan seterusnya.

Di pasaran sekarang dijual botol minum dengan label waktu yang berbeda sepanjang hari. Label tersebut berfungsi sebagai pengingat waktunya minum dan juga menakar seberapa banyak air putih yang sudah diminum.

3. Buatlah minuman menjadi lebih menarik
3. Buatlah minuman menjadi lebih menarik

Air putih mungkin tidak menarik karena rasa dan warnanya yang membosankan bagi remaja. Mama dapat membuatnya jadi lebih seru dengan membuat infused water. Tambahkan buah-buahan segar seperti strawberry atau lemon ke dalam botol air minum. Buah-buahan ini akan memberi sedikit rasa yang memancing selera remaja dalam mengonsumsi air putih.

4. Berikan botol minum, mug, atau cangkir favoritnya
4. Berikan botol minum, mug, atau cangkir favoritnya

Saat ini ada banyak sekali ragam botol minum, mug, cangkir, atau pun sedotan yang dijual di pasaran. Beberapa di antaranya punya fitur-fitur yang lucu, seperti dapat berubah warna jika terkena suhu yang berbeda, sedotan dengan manik-manik, dan lain-lain.

Biarkan remaja memilih sendiri peralatan minum favoritnya. Dengan cara ini mereka menjadi lebih bersemangat dan selalu ingat untuk minum air putih secara rutin.

5. Hindari menyetok minuman manis kemasan di rumah
5. Hindari menyetok minuman manis kemasan rumah

Sebagian keluarga punya kebiasaan menyetok minuman manis kemasan di rumah. Alih-alih menyenangkan anak, minuman manis kemasan ini turut menyumbang kebiasaan buruk pada anak dalam hal ketergantungan terhadap gula.

Apabila minuman manis kemasan mudah dijangkau, remaja akan mengonsumsinya terus-menerus. Meski tak sepenuhnya dapat mengontrol apa yang dikonsumsi remaja di luar rumah, setidaknya saat di rumah orangtua dapat meminimalisirnya.

Itulah lima tips mendorong anak agar mau minum air putih lebih banyak lagi. Semoga menginspirasi!