Cara Mencegah Rambut Beruban Diusia Muda yang Bisa Dilakukan

Cara Mencegah Rambut Beruban Diusia Muda yang Bisa Dilakukan

Cara Mencegah Rambut Beruban Diusia Muda yang Bisa Dilakukan – Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Rambut uban atau putih sering kali identik dengan usia tua. Namun, ada beberapa orang yang sudah mengalami rambut putih di usia yang terbilang masih muda.

Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut beruban, mulai dari genetik hingga kebiasaan sehari-hari.

Gak perlu khawatir, kondisi rambut beruban bisa diminimalisir lho, bro! Berikut ada lima tips mencegah rambut beruban di usia muda yang bisa dilakukan. Kira-kira bagaimana tipsnya? Baca ulasannya sampai selesai.

1. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi
5 Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda pada Pria

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk mencegah rambut beruban adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang bisa lo konsumsi untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A, E, B9, B12, dan zink. Vitamin tersebut bisa kamu peroleh dari telur, ayam, ikan, kacang-kacangan dan bayam.

2. Perbanyak minum air mineral
5 Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda pada Pria

Bukan hanya makanan, kamu bisa juga bisa merawat rambut dengan perbanyak minum air mineral. Konsumsi air mineral yang cukup gak hanya memperlancar peredaran oksigen ke rambut, tapi juga menyehatkan tubuh secara umum.

Selain itu, air mineral juga mampu meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Kalsium yang terkandung dalam air mineral bisa diserap tubuh sama baiknya dengan kalsium dalam susu.

3. Rawat rambut secara benar
5 Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda pada Pria

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan terbebas dari uban. Bersihkan rambut setidaknya dua hari sekali. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci rambut setelah memakai pomade atau produk styling rambut lainnya.

Selain itu, hindari mencabut uban karena dapat merusak saraf di pangkal akar rambut. Agar uban tidak bertambah banyak, batasi penggunaan semir rambut kimia karena bisa memperparah rusaknya akar rambut dan melanosit.

4. Hindari stres
5 Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda pada Pria

Salah satu penyebab rambut beruban yang cukup sulit dikendalikan adalah stres. Ada banyak hal yang bisa membuat kita mudah untuk stres, mulai dari pekerjaan hingga masalah pribadi.

Penting buatmu untuk bisa mengendalikannya. Perbanyak kegiatan yang bisa bikin kamu senang, misalnya menonton video-video lucu di YouTube atau lakukan hobi yang kamu sukai.

5. Kurangi kebiasaan merokok
5 Tips Mencegah Rambut Beruban di Usia Muda pada Pria

Tahukah kamu jika kebiasaan merokok bisa menyebabkan rambut beruban? Hal tersebut dikarenakan kandungan karsinogenik pada rokok dapat menyebabkan produksi melanin turun. Oleh karena itu, sebaiknya batasi atau kurangi kebiasaan merokok jika tidak ingin rambutmu beruban walaupun belum menginjak usia tua.

Nah, itulah lima tips mencegah tumbuhnya rambut uban di usia muda yang bisa pria lakukan. Kelima tips di atas mudah banget untuk dilakukan, bukan?