Inilah Fakta Kerupuk Seblak yang Disukai Oleh Para Anak Muda

Inilah Fakta Kerupuk Seblak yang Disukai Oleh Para Anak Muda

Inilah Fakta Kerupuk Seblak yang Disukai Oleh Para Anak Muda – Seblak adalah makanan Indonesia yang dikenal berasal dari Bandung, Jawa Barat  yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat, terutama di Jawa Barat dan Jabodetabek. Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan toping biasa di gerobak. Seblak berkembang menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian.

Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan penjualan. Tak hanya itu, seblak juga memiliki tekstur yang unik terutama Aplikasi Live22 saat kerupuknya dimakan secara bersamaan. Kerupuk seblak itu akan menyerap kuah dan saat masuk ke mulut, rasanya jadi enak di mulut.

1. Ada beragam jenis dan bentuknya
5 Fakta Kerupuk Seblak yang Sering Disantap Anak Muda

Tak hanya satu, kerupuk seblak ada banyak, lho. Masing-masing jenis memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk bintang, bulat, bahkan tebal seperti yang biasa dimakan.

Salah satu jenis kerupuk yang paling banyak dicari untuk dimakan dengan seblak adalah kerupuk berwarna oranye. Kerupuk ini memiliki tekstur kenyal, apalagi saat tercampur kuah, beda dari yang lain.

2. Indikator kematangan
5 Fakta Kerupuk Seblak yang Sering Disantap Anak Muda

Kalau masak biasanya kita lihat kematangan dari didihan atau sesuai timer, seblak memakai kerupuk! Jika kerupuk masih keras, maka seblak belum matang. Sedangkan jika kondisi kerupuk mulai lembek, ini menjadi tanda bahwa seblak bisa siap disajikan.

3. Diolah dengan kondisi kerupuk kering
5 Fakta Kerupuk Seblak yang Sering Disantap Anak Muda

Seperti yang kita sudah tahu bahwa kerupuk jadi indikator kematangan, maka kerupuk yang dibutuhkan adalah kerupuk kering.

Saat kondisinya tidak kering atau sudah diolah, kerupuk akan cepat hancur saat dimasak. Hal ini menjadi sulit jika kerupuk hancur di dalam seblak.

4. Mirip cilor
5 Fakta Kerupuk Seblak yang Sering Disantap Anak Muda

Punya tekstur yang sama seperti cilor tapi rasanya tidak sama. Kerupuk seblak lebih memiliki aroma yang khas dan pedas.

Sedangkan cilor mungkin seperti sagu tepung yang dibumbui tanpa khas.

5. Menyerap bumbu
5 Fakta Kerupuk Seblak yang Sering Disantap Anak Muda

Kenapa kerupuk seblak bisa enak? Karena kerupuk ini bisa menyerap bumbu. Maka tak heran jika kerupuk seblaknya lebih terasa enak dibanding isi kol atau mienya. Walau begitu, rasa kerupuknya tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Seblak populer sekitar tahun 2000an. Makanan sejenis juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sejak zaman sebelum kemerdekaan. Namun yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adalah seblak pada umumnya menggunakan kerupuk oren dengan bumbu cikur dan disajikan dengan kuah pedas.