Lima Skincare untuk Pemula yang Harus Remaja Gunakan

Lima Skincare untuk Pemula yang Harus Remaja Gunakan

Lima Skincare untuk Pemula yang Harus Remaja Gunakan – Perawatan kulit adalah rangkaian dari berbagai penerapan yang mendukung keadaan integritas kulit, untuk meningkatkan sebuah penampilan dan mengubah kondisi kulit. Memasuki usia remaja, banyak anak-anak yang pubertas mulai mengalami permasalahan kulit, seperti jerawat, kulit berminyak, komedo, dan lain-lain.

Mereka dapat mengandung nutrisi, menghindari dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan penggunaan produk kulit emolien yang tepat. Merawat kulit dengan pola makan yang sehat saja tak cukup untuk mengatasi permasalahan wajah. Sehingga remaja perlu mulai menggunakan skincare atau serangkaian perawatan kulit untuk menjaga kesehatan kulit dari luar tubuh.

Namun ada banyak pilihan skincare di luar sana, sehingga anak mungkin bingung apa saja skincare yang harus ia gunakan. Untuk membantu anak remaja mama memiliki skincare, berikut akan membahas 5 skincare untuk pemula yang harus remaja gunakan.

1. Sabun cuci muka (Facial wash)
1. Sabun cuci muka (Facial wash)

Mencuci muka adalah kewajiban saat pagi dan malam hari. Dengan rajin mencuci muka, kotoran dan debu yang ada di wajah anak akan bersih dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Selain itu, face wash juga dapat mengangkat minyak berlebih, mencerahkan wajah, serta efektif menghilangkan sel kulit mati.

Penting bagi remaja untuk memilih jenis face wash yang sesuai dengan masalah kulitmu. Misalnya, jika kulit remaja cenderung sensitif dan berjerawat, hindari menggunakan face wash yang ada scrub karena dapat membuat wajah merah dan iritasi.

Pastikan remaja mencuci wajah dengan benar dan bersih, ya Ma!

2. Toner
2. Toner

Toner adalah salah satu skincare terpenting untuk wajah remaja. Karena selain menyeimbangkan pH kulit wajah, toner juga mengecilkan pori-pori wajah.

Tak hanya itu saja, toner juga dapat mengatasi masalah kulit remaja. Misalnya anak mama memiliki kulit kering, ada beberapa toner yang dapat membantu melembabkan wajah. Sedangkan untuk remaja dengan kulit berminyak, toner juga ada yang mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

Toner digunakan setelah cuci muka, dengan cara di teteskan di kapas atau di tangan, dan diusapkan perlahan ke wajah.

3. Serum
3. Serum

Tahukah Mama bahwa kulit remaja membutuhkan perlindungan lingkungan yang sama seperti kulit orang dewasa. Sehingga penggunaan skincare yang memiliki bahan aktif juga diperlukan.

Serum menjadi produk perawatan kulit yang penting, karena memiliki bahan aktif yang lebih tinggi konsentrasinya dibanding produk perawatan lain. Sehingga serum ampuh mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang spesifik.

Mama dapat menyesuaikan serum yang akan digunakan, dengan kondisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah remaja.

Cara pakainya cukup teteskan ke wajah dan tepuk-tepuk perlahan sampai menyerap. Gunakan serum dengan rutin, pagi atau malam hari agar hasilnya maksimal.

4. Pelembab (moisturizing cream)
4. Pelembab (moisturizing cream)

Jika remaja memilik kondisi kulit wajah yang kering, pelembap sangat wajib kamu miliki. Selain dapat melembabkan kulit, manfaat pelembap adalah menutrisi wajah dan mencegah timbulnya masalah kulit baru.

Tapi untuk remaja yang memiliki kondisi kulit berminyak, pelembab juga penting lho! Karena pelembab yang bermanfaat untuk kulit berminyak atau kulit berjerawat, akan menahan produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat dan komedo.

Selain itu, pelembab juga mengunci semua skincare yang remaja pakai. Jika remaja akan menggunakan makeup, pelembab akan membantu wajah tampak lebih halus dan tidak pecah-pecah. Untuk mengaplikasikan pelembap, jangan lupa gunakan toner sebelumnya.

5. Tabir surya (sunscreen)
5. Tabir surya (sunscreen)

Tinggal di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, membuat remaja tak boleh mengabaikan pentingnya suncreen. Sunscreen dapat melindungi remaja dari sinar UV yang dapat menimbulkan flek dan noda hitam di wajah.

Selain itu, sunscreen juga melindungi remaja dari iritasi akibat paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen tak hanya ketika remaja sedang beraktivitas di luar ruangan saja lho!

Anak juga harus mengenakan sunscreen bahkan saat beraktifitas di dalam ruangan. Karena sinar UV dari matahari dapat menembus kaca jendela. Gunakan sunscreen setelah anak menyelesaikan serangkaian skincare dan 20 menit sebelum keluar rumah agar sunscreen dapat bekerja secara optimal.