Ternyata Korea Punya Bahasa Gaul yang Lagi Ngetrend Juga Lho

Ternyata Korea Punya Bahasa Gaul yang Lagi Ngetrend Juga Lho

Ternyata Korea Punya Bahasa Gaul yang Lagi Ngetrend Juga Lho – Bahasa percakapan (istilah terkait: bahasa cakap, bahasa gaul, bahasa informal,  bahasa sehari-hari) adalah ragam bahasa yang digunakan pada suasana santai atau tidak resmi.

Bahasa percakapan memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu bentuk kalimat yang lebih sederhana (susunan sintaksis dan logika bahasa yang tidak sempurna). Kosakata yang digunakan adalah kosakata sehari-hari (tidak cenderung ke bidang tertentu).

Banyaknya penggunaan kata seru serta perangkat ekspresif lainnya, dan perubahan leksikon Club388 Indonesia yang pesat. Kata-kata gaul atau slang tersebut sering mendapat cap buruk karena dianggap dapat merusak tatanan bahasa, padahal slang bisa membantu kita dalam memahami suatu bahasa dengan lebih mudah karena umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

1. 꿀잼 (kkuljaem) – sangat menarik
5 Kata Gaul yang Sedang Tren di Kalangan Remaja Korea, Udah Tahu?

꿀잼 (kkuljaem) berasal dari kata ‘꿀’ (kkul) yang berarti ‘madu’ dan ‘잼’ (jaem) yang diambil dari kata ‘재미있어요 (jaemi-isseoyo) yang berarti ‘menarik’. Kata ini sering banget dipakai untuk menggambarkan sesuatu hal yang sangat menyenangkan atau mungkin sangat menarik.

Lawannya 꿀잼 (kkuljaem) adalah 노잼 (nojaem), kata yang berasal dari kata bahasa Inggris ‘no’ (tidak) digabung juga dengan ‘재미있어요 (jaemi-isseoyo). Jadi kalau kamu bisa melihat sesuatu yang membosankan atau mungkin gak menarik sama sekali, kamu bisa pakai kata ini ya.

2. 베프 (bepeu) – teman baik
5 Kata Gaul yang Sedang Tren di Kalangan Remaja Korea, Udah Tahu?

Kata ini terbentuk dari beberapa serapan dari bahasa Inggris ‘best friend’ (teman baik) yang kalau dituliskan ke dalam huruf Korea jadi ‘베스트 프렌드’ (beseuteu peurendeu). Lalu ambil huruf depan dari masing-masing suku kata, jadilah ‘베프’ (bepeu).

Kamu juga bisa pakai istilah ‘teman baik’ yang dibentuk dari kata-kata murni Korea juga lho, yaitu ‘절친’ (jeolchin). Kata ini merupakan singkatan dari ‘절친한 친구’ (jeolchinhan chingu) yang memiliki arti ‘teman dekat’.

3. 웃프다 (utpeuda) – lucu tapi sedih
5 Kata Gaul yang Sedang Tren di Kalangan Remaja Korea, Udah Tahu?

Kata ini biasanya dipakai kalau kamu sedang melihat sesuatu yang sangat lucu (웃기다 – utgida), dan saat sedih (슬프다 – seulpeuda). Misalnya, saat kamu sedang nonton video anak kucing gak sengaja jatuh pas mau lompat dari kursi atau video idola favorit kamu yang ngantuk dan posisi tidurnya awut-awutan saking capeknya, kamu bisa pakai ‘웃프다’ (utpeuda) untuk menggambarkannya.

4. 바람둥이 (baramdungi) – player
5 Kata Gaul yang Sedang Tren di Kalangan Remaja Korea, Udah Tahu?

Jangan pernah mau pacaran dengan seorang ‘바람둥이’ (baramdungi). Kalau dia sudah sudah bosan denganmu, dia bisa saja menghilang secepat angin (바람 – baram). ‘바람둥이’ (baramdungi) ini juga bisa dipakai untuk menggambarkan para orang-orang yang gak mencari hubungan serius, yang kemungkinan juga pacarnya banyak.

5. 빵 터지다 (ppang teojida) – tertawa keras
5 Kata Gaul yang Sedang Tren di Kalangan Remaja Korea, Udah Tahu?

Diambil dari kata ‘터지다 ‘(teojida) yang memiliki arti ‘meledak’ dan ‘빵’ (ppang) yang biasanya dipakai untuk menggambarkan suara pistol atau bom, kata ini secara harfiah berarti tertawa yang suaranya keras banget, hampir seperti bom! Apa ada teman kamu yang memiliki  tipe tertawanya seperti ini?