Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Dibaca Oleh Anak Remaja

Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Dibaca Oleh Anak Remaja

Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Dibaca Oleh Anak Remaja – Buku adalah kumpulan/himpunan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar atau tempelan. Setiap orangtua tentu ingin memiliki anak yang senang membaca, karena membaca buku dikatakan sebagai jendela dunia yang membuka pintu pengetahuan bagi para pembacanya.

Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah  e-book atau buku-e (buku elektronik) yang mengandalkan perangkat seperti  komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, Namun, harapan ini juga perlu dilakukan bersamaan dengan menentukan buku yang tepat untuk anak.

Namun ketika sebuah buku cocok dengan keinginan anak, buku tersebut dapat memiliki tempat tersendiri di hatinya. Lantas bagaimana cara memilih buku yang tepat untuk dibaca oleh anak remaja? Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Membuat catatan pertimbangan sebelum memilih buku
1. Membuat catatan pertimbangan sebelum memilih buku

Ketika remaja ingin membeli sebuah buku bacaan, cobalah untuk membuat pertimbangan dari pertanyaan berikut ini:

  • Genre buku apa yang paling disukai? Sci-fi, petualangan, misteri, non-fiksi, fiksi, fiksi realistis?
  • Siapa penulis apa yang disukai?
  • Apakah ada genre buku, atau buku tertentu yang ingin dicoba? Jika ada, cari buku itu dan baca sinopsisnya. Itu akan membantu anak memutuskan apakah buku itu tepat atau tidak untuknya.
  • Apakah ada buku dalam seri tertentu yang ingin dibaca? Jika anak mengetahui buku yang ia baca ada seri lainnya, maka ia dapat mencari sinopsis serial
  • Apa minat anak yang paling menonjol? Kemudian carilah sebuah buku yang sesuai dengan minatnya. Misalnya, anak senang dengan astronomi, maka cobalah mencari buku bergenre sci-fi.

Dengan melakukan ini, anak akan dengan mudah menemukan buku-buku yang dapat ia baca, yang mungkin ia sukai.

2. Pergi ke perpustakaan terdekat
2. Pergi ke perpustakaan terdekat

Ketika anak pergi ke perpustakaan terdekat, ia bisa menelusuri rak di bagian yang ia minati. Walaupun remaja belum mengetahui buku apa yang ia pilih, cukup lihatlah buku mana yang terlihat paling menarik, ambil, dan baca bagian belakang buku.

Jika itu menarik perhatiannya, baca halaman pertama atau lebih. Jika itu masih menarik perhatiannya, maka buku tersebut yang mungkin anak cari.

Tokoh ceritanya mungkin menarik bagi anak, namun gaya penulisan sebuah buku bisa menjadi kunci untuk menikmatinya. Terus lakukan langkah ini sampai anak menemukan beberapa buku, dan memilih buku apa yang paling ia sukai.

3. Menanyakan pada orang-orang yang memiliki minat yang sama
3. Menanyakan orang-orang memiliki minat sama

Selain itu, anak juga bisa meminta seseorang untuk merekomendasikan buku yang bagus. Ia bisa bertanya pada Mama, Papa, kakak, sepupu, sahabat, atau bahkan guru bahasa Inggrisnya.

Teman atau keluarga yang memiliki kesamaan minat dengan anak, seringkali dapat memberikan rekomendasi buku yang cocok.

Selain itu, anak juga bisa bertanya kepada orang-orang dari komunitas buku yang menyukai genre buku yang sama dengan yang ia baca sebelumnya. Sehingga nantinya anak dapat dengan mudah mencocokkan buku barunya.

Bahkan toko buku kecil lokal seringkali memiliki rekomendasi yang bagus, dan ketika petugasnya dapat mengidentifikasi minat anak, itu bahkan lebih baik!

4. Carilah buku yang menumpuk di rak dalam rumah
4. Carilah buku menumpuk rak dalam rumah

Mencari buku-buku di tumpukan rak di rumah adalah salah satu cara jika remaja tidak ingin membeli buku atau ke luar rumah.

Seringkali tanpa disadari, buku-buku yang bagus diam-diam mengumpulkan debu di rumah. Mungkin Mama atau anak lupa pernah menyimpan satu buku, atau seseorang yang tinggal bersama memiliki beberapa buku bagus.

Dengan mencari buku di rumah, anak dapat menemukan buku-buku untuk dirinya sendiri yang dapat ia baca, dan bahkan tidak perlu mengeluarkan uang.

5. Cobalah genre buku yang belum pernah dibaca sebelumnya
5. Cobalah genre buku belum pernah dibaca sebelumnya

Jika anak masih belum dapat meyakini apa genre atau penulis buku favoritnya. Cara terakhir adalah mencoba sesuatu yang ia belum pernah baca sebelumnya. Terkadang, semua kebutuhan kehidupan membaca perlu sedikit kejutan.

Apakah anak mama biasanya membaca buku genre fantasi? Cobalah berikan sentuhan genre thriller. Apakah anak sering membaca fiksi realistis? Cobalah fiksi ilmiah.

Ini tak hanya mengajarkan anak untuk mencoba hal-hal baru, tetapi juga dapat memperkaya imajinasi anak ketika ia menyukai koneksi baru yang muncul dari genre buku yang belum pernah di baca sebelumnya.