Tujuh Bentuk Kecemasan dari Tuntutan Sukses di Usia Muda

Tujuh Bentuk Kecemasan dari Tuntutan Sukses di Usia Muda

Tujuh Bentuk Kecemasan dari Tuntutan Sukses di Usia Muda – Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut, keprihatinan terhadap masa depan, kekhawatiran yang berkepanjangan, dan rasa gugup. Siapa yang tak ingin mencapai kesuksesan di usia semuda mungkin? Sayangnya, arti kesuksesan di usia muda kerap kali menjadi begitu sempit.

Misalnya, hanya meliputi harta benda yang berhasil dikumpulkan sampai usia tertentu.  Seperti memiliki tabungan berjumlah sekian, rumah dan kendaraan pribadi, serta bisa berlibur ke luar negeri sebelum usia 30 tahun. Makin berat standar kesuksesan di usia muda jika patokannya ialah kehidupan sejumlah crazy rich. 

Walaupun tak ada orang terdekatmu yang benar-benar menuntutmu untuk ‘sesukses’ itu, tanpa sadar kamu tetap bisa menekan diri sendiri terlampau keras. Dibayangi standar kesuksesan yang begitu tinggi untuk diraih secepat-cepatnya, tujuh bentuk kecemasan ini pasti mewarnai kehidupanmu.

1. Selalu bertanya-tanya, “Apakah sekarang aku sudah sukses?”
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Sedikit-sedikit, kamu mengukur ulang semua pencapaianmu sejauh ini. Sayangnya, jika standar kesuksesanmu amat tinggi, kamu akan terus merasa belum mencapai kesuksesan apa pun.

Fokusmu dalam menjalani kehidupan menjadi terbelah. Kamu tidak lagi hanya ingin mengusahakan yang terbaik sesuai dengan kemampuanmu melainkan terus dihantui pertanyaan di atas.

Setiap kali jawabannya ialah kamu belum sesukses yang diharapkan, kamu bakal sangat kecewa sekaligus takut. Jangan-jangan, kamu memang tidak akan pernah dapat mencapai standar kesuksesan tersebut.

2. Bagimu hanya ada dua kemungkinan, sukses sekali atau gagal total
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Kamu terlalu berkonsentrasi pada suatu standar kesuksesan. Kamu sampai menolak untuk disebut telah sukses bila pencapaianmu ada di bawah standar itu. Pokoknya, pencapaianmu harus persis bahkan melampauinya.

Tahu gak? Ini bakal membuatmu tidak dapat menikmati banyaknya pencapaian yang sebenarnya telah diraih. Kamu tetap menyebut dirimu sebagai orang yang gagal total meski banyak orang di luar sana pun belum tentu bisa menyamai pencapaianmu.

3. Terjebak dalam kebiasaan bekerja terlalu keras
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Ibaratnya, sampai kaki jadi kepala dan kepala jadi kaki pun rasanya belum cukup untukmu. Kalau bisa, kamu ingin terus bekerja sampai jiwa ragamu menyerpih. Asalkan dengan begitu, kamu dapat memenuhi standar sukses di usia muda.

Apakah bekerja sekeras itu menjamin kamu bakal sesukses harapanmu? Gak juga, kan? Sebab sesungguhnya kesuksesan banyak macamnya. Barangkali kamu memang belum berhasil mencapai suatu standar kesuksesan.

Akan tetapi, tanpa disadari, kamu justru telah sukses sekali dalam hal-hal lain. Penting untukmu meluaskan cara pandang terhadap kesuksesan yang layak diperjuangkan ketimbang kamu ambruk kecapekan tanpa hasil yang memuaskan.

4. Khawatir tak menemukan pasangan yang dapat menerimamu apa adanya
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Lantaran kamu larut dalam tuntutan untuk sukses di usia muda dengan beragam ukurannya, kamu sampai mengira semua orang juga memikirkan hal yang sama terkait kesuksesan. Akibatnya, kamu takut kalau-kalau kegagalanmu sukses di usia muda akan membuatmu jomblo selamanya.

Padahal banyak kok, yang lebih suka menjalani kehidupan dengan apa adanya saja. Yang penting sudah berusaha sebaik mungkin dan persoalan kesuksesan biarkan datang ketika waktunya telah tepat.

5. Jika pun menemukannya, kamu takut tak bisa membahagiakannya
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Padahal jika dua orang sudah saling mencintai, hidup sederhana juga tetap terasa membahagiakan. Dia bisa bersamamu saja sudah membuat setiap detik terasa begitu berharga.

Sebaliknya meski uangmu berlimpah, kalau kamu selalu jauh darinya, hidupnya pasti terasa kurang bahagia. Pun seseorang yang sungguh-sungguh mencintaimu tak akan menuntut terlalu banyak darimu.

6. Arti kesuksesan makin kabur bagimu
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Ini dapat terjadi sebelum maupun sesudah kamu berhasil mencapai suatu standar kesuksesan. Ketika kamu belum mencapainya, kamu akan terus bertanya-tanya mengapa dunia terasa tidak adil.

Ada sejumlah orang yang sepertinya mudah saja menjadi kaya raya di usia muda. Namun kamu yang sejak remaja bahkan anak-anak telah membantu orangtua mencari nafkah malah begini-begini saja hidupnya.

Kalaupun kamu berhasil sukses di usia muda dari segi harta, kamu malah bisa berpikir anak muda yang tak terlalu memikirkan materi dan lebih suka mencari pengalaman itulah yang sukses. Jiwa mereka lebih bebas daripada jiwamu yang terbelenggu standar kesuksesan.

7. Malu bergaul atau pulang ke rumah orangtua karena merasa belum sukses
7 Bentuk Kecemasan Akibat Tuntutan Sukses di Usia Muda, Merasa Juga?

Padahal, belum tentu ada yang mengolok-olokmu. Kalaupun tuntutan untuk sukses di usia muda datang dari orang-orang terdekatmu, kamu tidak boleh membiarkan dirimu terus diintimidasi.

Kamu perlu menunjukkan pada mereka bahwa berproses dalam kehidupan memang tak semudah membalik telapak tangan. Tidak apa-apa kamu belum sesukses tuntutan mereka. Toh, belum tentu juga mereka berhasil sesukses itu.