Vaksin Pfizer Memiliki Tingkat Kemanjuran Pada Remaja

Vaksin Pfizer Memiliki Tingkat Kemanjuran Pada Remaja

Vaksin Pfizer Memiliki Tingkat Kemanjuran Pada Remaja – Kementerian Kesehatan dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE sepakati kerja sama untuk menyediakan 50 juta dosis vaksin Pfizer yang dinamakan BNT 162b2 sepanjang tahun 2021.

Perjanjian ini merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik kerja sama pengadaan vaksin Pfizer di Indonesia.

Vaksin tersebut menjadi salah satu vaksin COVID-19 yang digunakan untuk idn poker android program percepatan vaksinasi di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin pengunaan darurat vaksin Pfizer.

Rekomendasi WHO

WHO Minta Indonesia Perketat PSBB Akibat Kasus COVID-19 Melonjak Ratusan  Persen - Global Liputan6.com

Berdasarkan rekomendasi WHO, vaksin Pfizer memiliki efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin ini mencapai 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas. Lalu, untuk remaja usia 12 sampai 15 tahun efikasinya sebesar 100 persen. “Dalam waktu selama tiga minggu menghasilkan respon imun yang baik,” imbuhnya. Penny menyebutkan, vaksin ini memiliki indikasi penggunaan imunisasi untuk pencegahan COVID-19 dan dapat digunakan untuk usia 12 tahun ke atas.

“Jadi, bisa diberikan kepada remaja usia di atas 12 tahun, secara injeksi intramusculuar dosis 0,3 ml dengan dua kali penyuntikan, dalam rentang waktu tiga minggu,” katanya.

Vaksin Pfizer

Ahli Respons Vaksin Covid-19 Pfizer Sulit Disebar di RI

Menurutnya, efek samping vaksin Pfizer akan menimbulkan nyeri di tempat suntikan dan otot sendi, demam, hingga sakit kepala.

Kementerian Kesehatan dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE sepakati kerjasama untuk menyediakan 50 juta dosis vaksin Pfizer yang dinamakam BNT 162b2 sepanjang 2021.

Perjanjian ini merupakan bagian dari komitmen global Pfizer dan BioNTech untuk membantu mengatasi pandemik COVID-19.

PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE

Indonesia Dapat 50 Juta Vaksin Pfizer dari BioNTech - Nasional Tempo.co

PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE menyediakan 50 juta dosis setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat (EUA).

“Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari Badan POM,” kata Menkes.

Pfizer dan BioNTech menargetkan untuk memproduksi 3 miliar dosis vaksin COVID-19 secara global sampai dengan akhir tahun 2021, dengan asumsi pelabelan enam dosis yang diperbarui, perbaikan proses secara terus-menerus, perluasan fasilitas produksi yang ada, serta melalui penambahan pemasok baru dan produsen kontrak.