Beberapa Tahapan Membersihkan Pori-pori Pada Kulit Remaja

Beberapa Tahapan Membersihkan Pori-pori Pada Kulit Remaja

Beberapa Tahapan Membersihkan Pori-pori Pada Kulit Remaja – Pori-pori adalah folikel rambut kecil di kulit. Ketika tersumbat oleh minyak dan kotoran folikel ini akan tampak lebih besar, ukuran pori-pori bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin. Pori-pori pada kulit memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, jika kebersihannya tak dijaga dengan baik dan benar, tentunya bisa sebabkan berbagai permasalahan kulit.

Pori-pori membesar disebabkan karena meningkatnya sel-sel kulit mati yang menumpuk di dasar pori-pori, dan karena kondisi pori-pori tersumbat maka minyak berlebih tidak dapat diserap oleh kulit. Permaasalahan kulit yang ditimbulkan dari kurangnya kebersihan merawat pori-pori daiantaranya ukuran pori yang semakin membesar, pori tersumbat, munculnya komedo, hingga jerawat.

Meski masih usia remaja, anak juga perlu diajarkan tahapan skincare guna menjaga kesehatan dan kebersihan kulitnya. Nah, berikut ini beberapa tahapan membersihkan pori-pori untuk mencegah komedo pada kulit anak remaja mama yang berminyak. Disimak baik-baik yuk!

1. Lakukan double cleansing

1. Lakukan double cleansing

Untuk mencegah pori tersumbat karena minyak, kotoran, serta sel kulit mati, Mama bisa mengajarkan pada anak menggunakan teknik double cleansing secara rutin menggunakan micellar water.

Terlebih bagi anak remaja yang memiliki segudang kegiatan, teknik pembersihan ini sangat berperan baik untuk membersihkan pori agar terhindar dari penyumbatan.

Setelah menggunakan micellar water, selanjutnya anak bisa langsung mencuci muka dengan sabun cuci muka yang gentle dan cocok untuk kulitnya.

2. Lakukan eksfoliasi
2. Lakukan eksfoliasi

Jika pori-pori anak sudah tersumbat, agar tak semakin parah maka Mama bisa mengajak anak melakukan eksfoliasi. Perawatan ini sangat penting untuk membersihkan penyumbatan minyak serta segala kotoran dalam pori-pori yang menumpuk selama seharian beraktivitas.

Perawatan ini bisa anak lakukan sebanyak satu sampai dua kali seminggu, tak lebih dari itu ya, Ma. Sebab jika terlalu sering, justru akan merusak skin barrier dan membuat kulit mereka menjadi lebih kering.

3. Menggunakan serum
3. Menggunakan serum

Selain membersihkan menggunakan teknik double cleansing dan eksfoliasi. Anak juga bisa melanjutkan tahapan skincare menggunakan serum untuk meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap elastis dan lembap.

Saat ini sudah banyak serum yang memiliki kandungan yang baik dan gentle untuk kulit remaja, sehingga Mama bisa memberikannya pada anak sebagai tahapan menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya.

Sebelum memilih serum, pastikan produk sudah terdaftar BPOM ya, Ma! Hal ini guna menghindari penyalahgunaan komposisi yang tidak baik untuk kesehatan kulit anak remaja mama.

4. Menggunakan moisturizer
4. Menggunakan moisturizer

Tahukah Mama, moisturizer atau pelembab adalah perawatan dasar yang sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Meski kulit anak merupakan tipe kulit berminyak, ia tetap membutuhkan pelembap, Ma.

Hal ini karena moisturizer diyakini mampu memperkuat fungsi dari skin barrier. Sehingga, ketika kelembapan kulit terjaga, maka kulit pun akan tampak lebih sehat, cerah, dan kenyal.

5. Menggunakan sunscreen
5. Menggunakan sunscreen

Selain moisturizer, penggunaan sunscreen secara rutin juga sangat penting dalam keadaan apa pun, Ma. Sebab paparan sinar UV dapat memberi dampak buruk pada kulit seperti jerawat, serta radiasi yang dapat menyebabkan produksi sebum meningkat.

Ketika kulit sering terpapar sinar UV dan tidak segera ditangani dengan baik, pori-pori anak pun akan tersumbat kembali dan memicu munculnya beragam masalah kulit, mulai dari yang sederhana hingga berbahaya.

Jadi, setelah penggunaan moisturizer, ingatkan anak untuk selalu menggunakan sunscreen juga ya!

Nah, itu tadi 5 tahapan membersihkan pori-pori pada kulit remaja. Lakukan secara rutin dan benar guna mendapatkan kulit yang sehat. Semoga informasinya bermanfaat ya, Mama!