Beginilah Cara Orangtua Membantu Atasi Depresi pada Remaja

Beginilah Cara Orangtua Membantu Atasi Depresi pada Remaja

Beginilah Cara Orangtua Membantu Atasi Depresi pada RemajaDepresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli. Semua orang pasti pernah merasa sedih atau murung. Depresi tidak mengenal korbannya. Berbagai kalangan usia bisa terjerumus dalam lubang hitam ini, mulai dari lansia, dewasa, sampai dengan remaja. Khusus untuk depresi pada remaja, masalah ini kadang disepelekan dan tidak dianggap serius, padahal dampaknya bisa sangat buruk.

Depresi adalah masalah kesehatan mental serius yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat dalam beraktivitas. Ini bukanlah hal yang sepele karena depresi menjadi faktor risiko utama untuk bunuh diri. Setiap tahun, sekitar 13 persen remaja di Amerika Serikat mengalami depresi. Dilansir dari Daftar IDN Poker777 Bahkan menurut sebuah studi pada tahun 2018, kasus depresi meningkat sebesar 47 persen pada anak laki-laki dan 65 persen pada anak perempuan sejak tahun 2013. 

Peran orangtua dalam membantu mengatasi depresi pada remaja

Jika Anda curiga anak remaja Anda mengalami depresi, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasinya. Berikut peran orangtua dalam mengatasi depresi pada remaja:

  • Mempelajari tentang depresi

Tak Perlu Obat, Depresi pun Bisa Diusir dengan Cara Sederhana Ini

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan mempelajari segala sesuatu tentang depresi, seperti mengenai tanda-tanda, pengobatan, maupun bagaimana cara menyikapinya, dapat membuat Anda lebih memahami apa yang anak remaja Anda rasakan dan apa yang harus dilakukan.

  • Komunikasikan bersama

12 Hambatan Komunikasi Orang Tua – Anak − depoedu.com

Ajaklah anak Anda berkomunikasi dengan mengobrol secara langsung untuk mengetahui apa yang ia rasakan dan pikirkan. Dengarkan mereka dengan baik dan tenang, agar emosi mereka dapat dibagi dan tersalurkan. Katakan hal-hal yang baik mengenai anak Anda karena ini dapat membuatnya merasa positif. Selain itu, terimalah ia apa adanya. Jangan sampai Anda menyuruhnya untuk berhenti mengeluh atau memaksanya segera kembali normal.

  • Memperbaiki suasana hatinya

Lagi Bad Mood? 7 Hal Ini Bisa Mengubah Suasana Hati yang Buruk Jadi Lebih  Baik

Anda dapat memperbaiki suasana hati anak remaja Anda dengan mengajaknya melakukan apa yang ia senangi, seperti melukis, menonton film, olahraga, dan lainnya. Anda juga dapat mengajak teman-teman terdekatnya untuk menemaninya berbincang atau bermain. Hal ini bisa membuat suasana hati anak Anda lebih baik.

  • Cari bantuan profesional

5 Tanda Anda Butuh Konsultasi ke Psikolog

Remaja yang mengalami depresi cenderung membutuhkan bantuan profesional. Orangtua harus mencari psikolog atau psikiater yang tepat untuk anaknya, utamanya yang telah berpengalaman dalam menangani masalah kesehatan mental remaja. Sangat penting untuk melibatkan anak remaja Anda dalam proses pemilihan karena ia harus merasa nyaman untuk melakukan pengobatan.Bantuan profesional dan dukungan dari keluarga serta orang-orang terdekat tentunya akan memudahkan penyembuhan depresi pada remaja. Ini merupakan kondisi mental serius yang harus segera mendapat perhatian dan pengobatan.