Berikut Lima Cara untuk Memiliki Tabungan di Usia Muda

Berikut Lima Cara untuk Memiliki Tabungan di Usia Muda

Berikut Lima Cara untuk Memiliki Tabungan di Usia Muda – Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan /atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Beberapa orang yang belum menikah beranggapan tidak perlu memaksakan diri untuk menabung.

Kegiatan menabung dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya menyimpan di rumah, seperti di bawah bantal, di bawah tempat tidur, ataupun menyimpannya di bank. Toh, selagi masih muda dan belum memiliki tanggung jawab sebagai seorang suami atau istri, gunakan waktu dan uang yang dihasilkan untuk membahagiakan diri sendiri dulu.

Nah, ini saatnya kamu memiliki tabungan dengan jumlah yang cukup besar di usia muda. Memang bisa? Tentu saja bisa, selama mau berusaha gak ada hal yang mustahil, kok. Berikut lima tips untuk memiliki cukup tabungan sejak belia yang bisa kamu praktikkan! Selamat mencoba, ya!

1. Mulailah dengan mencari uang jajan tambahan
5 Tips Memiliki Cukup Tabungan di Usia Muda meskipun Belum Menikah

Boleh dibilang selain kuliah dan berkegiatan di kampus, kamu gak memiliki kesibukan lain. Sayang, lho waktu luangmu dibiarkan kosong begitu saja. Mending coba cari uang jajan tambahan dengan bekerja paruh waktu. Menjadi pelayan di cafe atau memberi kursus mata pelajaran ke anak-anak SMP, contohnya.

Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan uang sendiri, deh. Nah, uang ini bisa kamu gunakan untuk jajan dan jangan lupa sebagian harus ditabung juga, ya!

2. Jangan malas untuk membiasakan diri hidup hemat dan menabung
5 Tips Memiliki Cukup Tabungan di Usia Muda meskipun Belum Menikah

Meskipun kondisinya belum memungkinkan untuk mencari pekerjaan paruh waktu, kamu tetap bisa menabung, kok. Dari uang jajan yang diberikan orangtua tiap bulannya, langsung sisihkan sebagian buat dimasukkan ke tabungan. Ingat, jangan tergoda untuk memakainya. Apalagi digunakan buat hal-hal yang gak terlalu penting.

Seperti membeli kopi di cafe mewah atau tas baru, sementara yang lama masih sangat layak digunakan. Itu, sih namanya pemborosan!

3. Coba untuk berinvestasi kecil-kecilan dengan membeli emas misalnya
5 Tips Memiliki Cukup Tabungan di Usia Muda meskipun Belum Menikah

Jangan ragu untuk berinvestasi sejak dini. Tentu saja besarnya investasi tersebut tetap disesuaikan sama kemampuan masing-masing, ya. Kamu dapat memulainya dengan membeli logam mulia seperti emas batangan. Targetkan tiap dua bulan sekali membeli paling tidak 5 gram emas. Memang nilainya belum seberapa. Tapi kalau dikumpulkan selama satu tahun saja, sudah lumayan, lho!

Tapi jangan buru-buru menjualnya lagi, ya! Jadikan ini sebagai tabungan jangka panjang dimana 20 tahun lagi nilai emas pasti naik. Nah, setelah harga jualnya melambung tinggi baru, deh dijual kembali.

4. Bila punya cukup modal, gak ada salahnya membuka usaha sendiri
5 Tips Memiliki Cukup Tabungan di Usia Muda meskipun Belum Menikah

Anak-anak muda zaman sekarang, tuh idenya ada-ada saja. Begitu pula denganmu. Ajak teman-teman sebayamu untuk memikirkan ide usaha. Modalnya bisa kalian tanggung bersama. Misalkan, membuka persewaan peralatan pendakian atau thrift shop yang menjual pakian second layak pakai. Memang awalnya bakal berat dan mesti menunggu balik modal cukup lama, sampai pada akhirnya bisa menikmati labanya.

Tapi dengan begini, kamu jadi terlatih mandiri, berpikir kreatif, dan bisa lebih menghargai uang. Siapa tahu, setelah lulus kuliah nanti bisnis kalian sudah berkembang pesat. Jadi gak perlu repot cari kerjaan lagi, kan?

5. Rem pengeluaran untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan padahal gak perlu-perlu banget
5 Tips Memiliki Cukup Tabungan di Usia Muda meskipun Belum Menikah

Tips yang terakhir ini bisa dibilang paling simpel. Sekaligus penuh tantangan, karena lawannya adalah hawa nafsumu sendiri. Ayo, mulai sekarang biasakan memilah sebelum menggunakan uang. Pilih barang mana yang harus dibeli karena butuh dan mana yang cuma sekadar ingin.

Jangan sampai pengeluaranmu membengkak hanya demi memuaskan nafsu belanja semata. Tetapi kalau dipikir-pikir barang yang kamu beli itu gak ada gunanya. Kan, lebih baik uangnya ditabung saja biar jadi banyak.