Cara Cermat Atur Tabungan Keuangan Untuk di Usia Muda

Cara Cermat Atur Tabungan Keuangan Untuk di Usia Muda

Cara Cermat Atur Tabungan Keuangan Untuk di Usia Muda – Tanah Suci adalah istilah yang merujuk pada wilayah geografis di Levant yang penting bagi agama Yudaisme, Kristen, Islam dan Bahá’í. Berangkat ke Tanah Suci menjadi di salah satu impian bagi umat Muslim di seluruh dunia. Berangkat ke Tanah Suci ketika kamu masih muda tentu lebih baik sebab kondisi fisik dan mental kamu masih bagus.

Untuk bisa berangkat sedini mungkin, penting bagi kamu menyiapkan kondisi finansial. Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan untuk melakukan pendaftaran haji dan mendapatkan nomor porsi haji, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp25 juta.

“Bagi millennial yang sudah memiliki dana Rp25 juta, langsung bisa daftar saja melalui Bank penyelenggara BPIH (Biaya Penyelenggara Ibadah Haji), karena sistem telah terkoneksi secara host to host dengan SISKOHAT Kementerian Agama,” katanya Dilansir dari Daftar IDN Poker777 Kamis (1/10/2020).

1. Tabungan rencana haji
10 Tabungan Haji Syariah Terbaik (Pengertian, Fitur, Bagi Hasil) - Pinjaman  Online, Investasi, Keuangan, Asuransi | Duwitmu

Rini mengatakan millennial yang belum memiliki dana pendaftaran haji sebesar Rp25 Juta, dapat mengumpulkan terlebih dahulu dana BPIH. Salah satu pilihannya dengan menyimpan uang di tabungan rencana haji, misalnya melalui tabungan penyelenggara BPIH.

“Bagi masyarakat yang ingin naik haji, mengumpulkan atau menabung secara rutin sampai terkumpul BPIH-nya, barulah mendaftar haji. Tabungan rencana haji dapat didebet otomatis dari rekening sumber setiap bulannya,” jelasnya.

2. Mengoleksi emas

Tips BELI Emas Via Online - Metropolitan.id

Cara yang kedua, kamu bisa membeli emas berbentuk fisik dalam jumlah kecil secara rutin dan harus konsisten. Misalnya, kamu bisa membeli emas setiap bulan dalam jumlah kecil tapi rutin atau langsung saja membeli emas dengan ukuran yang cukup besar.

Kemudian, kamu dapat menjualnya ketika harga emas tersebut naik. Investasi emas terhitung paling aman dibandingkan investasi lain karena kestabilannya.

3. Investasi di instrumen syariah
Pengertian Pasar Modal Syariah: Jenis, Istrumen, dan Fungsi - Jasa Export  Terpercaya

Selanjutnya, kata dia, kamu juga bisa berinvestasi di instrumen yang berbasis syariah. Misalnya reksa dana saham maupun investasi saham yang berbasis syariah.

“Ini hanya cocok jika jangka waktu investasinya panjang ya,” jelasnya.

4. Millennial diminta mempersiapkan perencanaan keuangan mulai dari sekarang
MoneySmart Parent: Panduan Perencanaan Keuangan untuk Millenial Moms -  travel beauty

Menurut Rini, millennial yang sudah memiliki niat berangkat ke Tanah Suci sebaiknya segera melakukan perencanaan keuangan. “Karena harus sabar-sabar jika ingin berhaji mengingat kuota haji setiap tahunnya dibatasi,” terangnya.

Bahkan menurut dia, nantinya kamu tidak langsung berangkat setelah daftar, tetapi harus menunggu giliran. “Karena banyaknya yang daftar, rata-rata masa tunggu haji untuk tahun 2019 kemarin adalah selama 20 tahun,” ujarnya.