Cara Kebiasaan Ampuh Mengurangi Tingkat Stres pada Remaja

Cara Kebiasaan Ampuh Mengurangi Tingkat Stres pada Remaja

Cara Kebiasaan Ampuh Mengurangi Tingkat Stres pada Remaja – Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit, stres membuat tubuh untuk memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri, Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Permasalahan dengan keluarga atau teman, banyaknya tugas sekolah, tekanan pendidikan, dan lain-lain seringkali menjadi penyebab stres pada anak remaja. Banyaknya pemicu stres, membuatnya sulit menghentikan atau mencegah stres.

Namun, kebiasaan tertentu dapat meningkatkan ketahanan seorang anak terhadap stres, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, remaja yang berolahraga atau bermeditasi secara teratur, cenderung mengurangi tingkat stres saat menghadapi tantangan yang sulit.

Jadi penting bagi remaja untuk menciptakan gaya hidup yang akan membantunya menangkal stres dan menghadapi tantangan dengan cara yang sehat. Seperti apa gaya hidup yang mengurangi stres pada remaja?

Simak informasinya yang telah Daftar Live22 siapkan di bawah ini!

1. Mengonsumsi diet yang seimbang

Dalam sebuah studi tahun 2008 yang berjudul “Psychological Determinants of Emotional Eating in Adolescence” mengatakan bahwa pola makan yang buruk pada remaja dapat membawa reaktivitas yang lebih besar terhadap stres.

Makanan seperti telur, alpukat, dan kenari mendukung pengaturan suasana hati dan keseimbangan energi.

2. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas santai

Mengisi kegiatan di waktu luang bisa menjadi cara yang tepat untuk menghilangkan stres pada remaja. Namun, anak mungkin merasa bahwa ia terlalu sibuk untuk melakukan hobi, permainan, atau kesenangan ekstra, akibat dari banyaknya tugas dan pekerjaan di rumah.

Apakah anak menemukan kegembiraan dalam bermain musik atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, hobi dan waktu luang adalah kunci untuk menjalani hidup terbaiknya.

3. Kembangkan kebiasaan berbicara sendiri yang positif

Cara remaja berbicara kepada diri sendiri juga menjadi cara yang penting. Kritik diri yang kasar, keraguan diri, dan prediksi kegagalan, tidak akan membantu. Jika anak terus-menerus memikirkan hal-hal seperti, “Aku tidak tahan,” Aku akan stres.”, itu akan membuatnya semakin stres.

4. Berlatih yoga

Yoga menggabungkan gerakan fisik, meditasi, olahraga ringan, dan pernapasan terkontrol, yang semuanya memberikan pereda stres yang sangat baik

Untuk memulai, Mama dapat mendaftarkan anak kelas yoga khusus remaja, mendaftar di program online, atau menggunakan aplikasi untuk membantunya mulai berlatih.

5. Ekspresikan rasa syukur

Mengekspresikan rasa syukur membantu anak untuk mengenali semua hal yang harus disyukuri. Apakah anak bersyukur atas hari yang cerah atau bersyukur karena ia telah mendapatkan nilai yang bagus di tugas sekolahnya, minta anak untuk memikirkan semua hal baik yang dimiliki dalam hidup.

Untuk memudahkan anak mengucapkan syukur setiap hari, buatlah ia menuliskan tiga hal yang ia syukuri dalam jurnal rasa syukur setiap hari, jadikanlah bersyukur sebagai kebiasaan yang teratur.

6. Prioritaskan untuk melakukan aktivitas fisik

Dalam jurnal Psychoneuroendocrinology, sebuah studi di tahun 2019 mengatakan bahwa aktivitas fisik adalah kunci untuk mengelola stres dan meningkatkan kesehatan mental. Kabar baiknya adalah, ada banyak jenis aktivitas yang dapat mengurangi stres pada remaja.

Seperti mengikuti kelas olahraga secara online, atau berolahraga seperti jogging di luar. Ingatlah bahwa ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik. Menari, jalan kaki, dan latihan kekuatan, adalah beberapa contoh cara menghilangkan stres.

7. Tinjau ulang daftar tugas

Mengasah keterampilan manajemen waktu dapat memungkinkan anak untuk meminimalkan stres yang dialami, dan mengelola dengan lebih baik hal-hal yang tidak dapat dihindari.

8. Dapatkan dukungan sosial

Memiliki orang-orang yang suportif dalam hidup juga menjadi kunci manajemen stres. Jika remaja kekurangan dukungan emosional dari keluarga dan sahabat, penting untuk mendapatkannya.

Anak mungkin juga perlu memperluas jaringannya. Bergabunglah dengan sebuah organisasi yang berisi remaja di lingkungan rumah atau sekolah, memiliki kelompok pendukung, atau dapatkan bantuan profesional masih merasa kekurangan orang yang mendukung.

9. Kurangi hal-hal yang menambah stres

Terkadang, cara terbaik untuk mengurangi stres adalah dengan menghilangkan sesuatu yang menjadi pemicu stres. Singkirkan hal-hal yang membuat remaja semakin stres sehingga ia bisa merasakan lebih banyak kedamaian.

Tetapi penting untuk terus mencari solusi yang akan membantu remaja dalam mengelola pasang surut hidup yang tak terhindarkan dengan cara yang sehat. Menjaga stres pada tingkat yang dapat dikendalikan juga penting untuk kesejahteraan dan kesehatan anak secara keseluruhan.