Daftar Pemain Muda yang Jadi Sorotan di Skuad Piala Sudirman

Daftar Pemain Muda yang Jadi Sorotan di Skuad Piala Sudirman

Daftar Pemain Muda yang Jadi Sorotan di Skuad Piala Sudirman – Piala Sudirman 2021 merupakan edisi ketujuh belas dari turnamen Piala Sudirman, turnamen bulu tangkis dua tahunan yang diselenggarakan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Turnamen ini digelar pada tanggal 26 September 2021–3 Oktober 2021 di Energia Areena di Vantaa, Finlandia. Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman sudah dirilis. Dari daftar pemain yang sudah dirilis, mayoritas memang diisi oleh pemain-pemain unggulan, tapi ada kejutan pula yang muncul.

Empat pemain muda masuk menggantikan posisi seniornya. Mereka diharapkan bisa memberikan dampak positif dalam Piala Sudirman yang akan mulai bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang di Vantaa, Finlandia.

1. Putri Kusuma Wardani
4 Pemain Muda Indonesia di Piala Sudirman 2021

Putri Kusuma Wardani dipastikan akan mendampingi seniornya, Gregoria Mariska Tunjung, memperkuat skuad Piala Sudirman dari sektor tunggal putri. Putri KW, sapaannya, menggeser posisi seniornya yang lain, Ruselli Hartawan.

Pemilihan Putri KW sebenarnya tak terlalu mengejutkan. Putri baru saja menjadi juara Spain Masters pada Mei 2021 lalu.

Secara teknis, pemain muda satu ini juga tak perlu diragukan kualitasnya. Bahkan, sejak berlaga di ajang junior, Putri KW sudah digadang-gadang akan jadi The Next Susy Susanti di Indonesia.

2. Ester Nurumi Tri Wardoyo
4 Pemain Muda Indonesia di Piala Sudirman 2021

Satu lagi tunggal putri muda dipilih PBSI memperkuat tim Sudirman. Ester Nurumi Tri Wardoyo akan berlaga mewakili skuad Garuda.

Sama seperti Putri KW, ini jadi Piala Sudirman pertama bagi Ester. PBSI dengan percaya diri memilih Ester karena tipikal bermainnya yang menyerang.

Kehadiran Ester dalam skuad diharapkan dapat menjadi kejutan bagi lawan yang memang belum banyak melihatnya berlaga.

3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
4 Pemain Muda Indonesia di Piala Sudirman 2021

Sektor ganda campuran juga memberi kejutan. Alih-alih menurunkan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, PBSI memutuskan menurunkan ganda muda.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dipercaya memperkuat tim Sudirman 2021 mendampingi seniornya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Pemilihan Rinov/Pitha memang didasari aspek teknis. Mereka dianggap menjanjikan karena baru membawa pulang gelar juara dari ajang Spain Masters pada Mei 2021 lalu.

4. Skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2021
4 Pemain Muda Indonesia di Piala Sudirman 2021

Berikut daftar lengkap skuad tim Piala Sudirman Indonesia:

Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo
Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Praveen Jordan, Rinov Rivaldy.

Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo
Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Ribka Sugiarto, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Melati Daeva Oktavianti, Pitha Haningtyas Mentari.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) awalnya menunjuk Suzhou, Tiongkok sebagai penyelanggara turnamen pada November 2018. Namun karena pembatasan ketat akibat pandemi Covid-19, penyelenggaraan turnamen di Tiongkok sulit untuk dilakukan. Pada 29 Juni 2021, BWF mengumumkan bahwa Vantaa, Finlandia akan penyelenggara baru turnamen.

Piala Sudirman 2021 menggunakan format kompetisi yang berbeda dari format sebelumnya, dengan hanya 16 tim yang berkompetisi, bukan lagi 32 tim. Kompetisi juga dilakukan melalui pertandingan empat grup yang masing-masing beranggotakan empat regu. Seperti biasa, kompetisi dimulai dari babak grup hingga babak gugur.