Fakta Bahwa Volkswagen Berawal dari Design Seorang Remaja

Fakta Bahwa Volkswagen Berawal dari Design Seorang Remaja

Fakta Bahwa Volkswagen Berawal dari Design Seorang Remaja – Volkswagen adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Grup Volkswagen, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors, Bugatti  Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda Auto dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania.

Tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomotif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen. Saat ini Volkswagen mempunyai 3 mobil yang masuk di daftar 10 mobil paling laris sepanjang sejarah menurut situs web 24/7 Wall St:  Volkswagen Golf, Volkswagen Beetle, dan Volkswagen Passat. Dengan 3 mobil ini, Volkswagen mempunyai jumlah mobil terbanyak dalam daftar itu yang sampai saat ini masih diproduksi.

Banyak merek dan jenis mobil yang mengaspal di tanah air. Ada yang kalah Poker Online Deposit Dana bersaing lalu perlahan punah. Ada pula yang bertahan dan bahkan terus dikenang meski tak lagi diproduksi. Salah satu mobil yang mungkin paling legendaris sekaligus diingat banyak orang Indonesia, bahkan juga dunia, adalah Volkswagen (VW) Beetle. Desainnya yang unik dan sangat ikonik membuat mobil satu ini masih menjadi buruan banyak orang.

1. Desain awal VW Beetle berasal dari pelajar berusia 18 tahun
Fakta-fakta Mengejutkan di Balik VW Kodok, Berawal dari Tangan Remaja 

Hampir seratus tahun sebelum VW Beetle pertama kali diproduksi, seorang pelajar perempuan bernama Bela Barenyi mengirimkan gambar desain sasis mobil ke Volkswagen.

Saat itu Bela baru berusia 18 tahun. Pelajar asal Hungaria ini mungkin tak akan menyangka jika desain mobilnya itu kemudian menjadi salah satu desain mobil paling ikonik sepanjang masa.

2. Nama Beetle diberikan oleh The New York Times
Fakta-fakta Mengejutkan di Balik VW Kodok, Berawal dari Tangan Remaja 

Volkswagen memulai produksi mobil ini pada 1938. Saat itu publik hanya menyebut mobil ini dengan nama ‘Volkswagen’, merujuk pada pabrik pembuatnya.

Nama Beetle baru dikenal setelah koran The New York Times menyebut mobil ini dengan nama ‘Beetle’. Sejak itu orang lebih sering menyebut mobil VW ini dengan nama Beetle.

3. Setiap nama punya julukan berbeda untuk Si Beetle
Fakta-fakta Mengejutkan di Balik VW Kodok, Berawal dari Tangan Remaja 

Uniknya VW Beetle memiliki banyak julukan. Hampir setiap negara punya nama sendiri untuk Beetle. Di Prancis mobil ini disebut ‘Coccinelle’ yang berarti ladybug.

Sementara di Italia mobil ini disebut ‘Maggiolino’ dan orang Bolivia menyebutnya ‘Peta’ yang berarti kura-kura. Orang Indonesia sendiri menyebut mobil ini dengan nama ‘Kodok’.

4. VW Kodok mencetak sejarah sebagai mobil paling lama diproduksi
Fakta-fakta Mengejutkan di Balik VW Kodok, Berawal dari Tangan Remaja 

VW Kodok pertama kali diproduksi pada 1938 dan baru disetop pada 2003. Artinya mobil ini diproduksi selama tak kurang dari 65 tahun. Catatan ini menjadikan VW Kodok sebagai mobil yang paling lama diproduksi!

5. VW Kodok terakhir kini beristirahat di museum
Fakta-fakta Mengejutkan di Balik VW Kodok, Berawal dari Tangan Remaja 

VW kodok produksi terakhir dengan nomo #21,529,464 dibuat di pabrik VW di Meksiko. Namun mobil ini langsung dikirim ke Museum Volkswagen di Wolfsburg, Jerman.

Saat ini Volkswagen merupakan perusahaan otomotif terbesar di Eropa. Dalam jangka waktu yang lama, pangsa pasar Volkswagen selalu di atas 20 persen. Di dunia, saat ini VW berada di posisi ketiga dunia, di belakang Toyota dan GM tahun 2009. Tahun 2010, Volkswagen, melaporkan penjualan sebesar 6,29 juta unit kendaraan dan mendapat pangsa pasar dunia sebesar 11.4%. Pasar utama Volkswagen mencakup Jerman dan China.

Setelah melewati Ford pada tahun 2008, Volkswagen menjadi perusahaan otomotif ketiga terbesar di dunia. Volkswagen telah menargetkan untuk menaikkan pangsa pasarnya di Amerika dari 2% menjadi 4% pada tahun 2014, dan menargetkan diri untuk menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia tahun 2018.