Inilah Tips Diet Sehat untuk Remaja Agar Terhindar Penyakit

Inilah Tips Diet Sehat untuk Remaja Agar Terhindar Penyakit

Inilah Tips Diet Sehat untuk Remaja Agar Terhindar Penyakit – Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Remaja masih menjalani masa pertumbuhan. Oleh sebab itu, penting bagi orangtua untuk memberinya asupan yang sehat dan bergizi seimbang untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Sayangnya, tidak semua orangtua mengetahui seperti apa diet sehat untuk remaja. Masalah ini bisa diperparah dengan kebiasaan remaja mengonsumsi makanan sembarangan, terutama di luar rumah. Makanan-makanan tidak sehat, seperti junk food, makanan yang digoreng, berlemak, atau pedas, dan minuman-minuman manis, kerap menjadi favorit remaja.

Diet sehat untuk remaja bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan yang ideal dan senantiasa menjaga kesehatannya. Berbagai nutrisi pun dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan remaja. Berikut adalah sejumlah tips diet sehat untuk remaja yang bisa Anda terapkan pada anak.

1. Makan tiga kali sehari

Pola Makan 3 Kali Sehari Kini Tak Penting, Ini Penjelasannya

Sebagian remaja kerap melewatkan sarapan atau makan malam. Padahal dalam diet sehat remaja direkomendasikan makan tiga kali sehari, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.Selain memastikan anak remaja makan tiga kali sehari, Anda bisa memberikan mereka camilan sehat, seperti buah-buahan, sayur-mayur, cokelat hitam, smoothie, yogurt, atau keju cottage. Anda harus pintar dalam mengkreasikan makanan maupun camilan sehat untuk remaja supaya mereka tidak cepat bosan.

2. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
makanan sehat dan bergizi seimbang

Sajikan makanan sehat dan bergizi seimbang untuk anak remaja

Diet sehat untuk remaja idealnya meliputi makanan bergizi seimbang dan padat nutrisi. Remaja harus lebih banyak mengonsumsi sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, protein rendah lemak, dan susu rendah atau bebas lemak.Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan bahwa remaja harus mengonsumsi 45-65 persen karbohidrat, 25-35 persen lemak, dan 10-30 persen protein. Berikut asupan yang bisa Anda masukkan ke dalam diet sehat remaja:

  • Protein, misalnya kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, daging, unggas, makanan laut, dan biji-bijian
  • Karbohidrat, misalnya nasi merah, roti gandum, nasi shirataki, sayur-mayur dan buah-buahan, serta pasta gandum
  • Lemak sehat, misalnya alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, telur, ikan berlemak, dan yogurt.
3. Hindari asupan tidak sehat

Informasi Terlengkap Tentang Makanan Tidak Sehat | Halodoc.com

Diet sehat untuk remaja juga melibatkan pembatasan konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, makanan dengan tambahan gula, makanan yang mengandung lemak tidak sehat, dan makanan dengan garam berlebih. Contohnya, permen, kue, keripik, kentang goreng, burger, hingga minuman bersoda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

4. Makan dalam porsi yang cukup

Hidup Sehat Bisa Dimulai dari Mengatur Porsi Makan - Info Sehat  Klikdokter.com

Tips diet untuk remaja yang tak kalah penting adalah memerhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makan terlalu banyak dapat memicu obesitas, sedangkan terlalu sedikit bisa menyebabkan kekurangan nutrisi. Jadi, pastikan remaja makan dalam porsi yang cukup.

5. Minum cukup air putih 
minum air putih

Remaja harus minum air putih dengan cukup

Bukan hanya makanan, asupan cairan juga perlu diperhatikan dalam diet sehat remaja. Berbagai aktivitas yang dilakukan mungkin membuat anak remaja lupa minum air putih. Hal ini tentunya harus dihindari. Pastikan remaja minum cukup air putih dengan membawa botol minum sendiri saat ke sekolah atau melakukan kegiatan lainnya. Selain itu, anak remaja juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak yang kaya akan kalsium karena baik untuk perkembangan tulangnya. Dalam cara diet sehat untuk remaja, hindari terlalu sering mengonsumsi minuman dengan gula tambahan karena dapat mengganggu kesehatan.