Pengganti Kecap yang Dapat Digunakan untuk Diet Anak Remaja

Pengganti Kecap yang Dapat Digunakan untuk Diet Anak Remaja

Pengganti Kecap yang Dapat Digunakan untuk Diet Anak Remaja РDiet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Secara harfiah, diet merupakan pengaturan pola makan yang dilakukan berdasarkan kondisi kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes dan lain sebagainya. Namun, melakukan diet tidak boleh sembarangan dan tetap harus memenuhi kebutuhan gizi anak.

Kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Namun, tahukah Mama kalau kecap memiliki kalori yang tinggi dan menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan. Hal ini karena kecap sendiri memiliki gula dan sodium yang digunakan sebagai bahan pengawet.

Tentunya, kecap tidak bisa digunakan untuk membuat makanan diet, terutama pada remaja. Lalu, apakah ada bahan penggantinya? Berikut pengganti kecap yang dapat digunakan untuk diet anak remaja. Simak penjelasan berikut ya!

1. Coconut aminos
1. Coconut aminos

Menurut Healthline, Coconut aminos ini merupakan bahan alternatif dari kecap asin yang lebih sehat. Bahannya terbuat dari penyedap rasa yang terbuat dari nira kelapa organik dan juga garam laut yang alami.

Coconut aminos juga mempunyai kandungan natrium lebih rendah dibandingkan dengan kecap yang biasa. Walaupun begitu, Coconut aminos ini tetap memiliki rasa gurih dan asin seperti kecap asin seperti biasa.

Tidak hanya itu, konsistensi dari warnanya mirip dengan kecap kedelai pada biasanya, sehingga membuat Coconut aminos ni cocok apabila dijadikan pengganti dari kecap.

2. Saus tiram
2. Saus tiram

Selain Coconut aminos, saus tiram juga dapat dijadikan pengganti kecap pada makanan untuk diet remaja. Tekstur dari saus tiram sendiri lebih kental dibandingkan dengan kecap pada umumnya.

Saus tiram memiliki rasa manis dan asin dan biasanya digunakan untuk menumis atau untuk makanan China.

Sebab apabila ia, tentunya pembelian saus tiram yang mengandung komposisi tersebut harus dihindari karena dapat meningkatkan jumlah kalori.

3. Kecap Inggris
3. Kecap Inggris

Kecap Inggris atau disebut saus worcestershire merupakan bumbu yang dimarinasi dan digunakan untuk steak, tumisan, dan olahan masakan Tiongkok. Kecap ini dibuat dan dikembangkan oleh ahli kimia dari Worcester, Inggris yaitu Lea dan Perrins tahun 1835.

Dilansir dari The Spruce Eats, kecap inggris adalah saus yang difermentasi dan terbuat dari bahan dasar cuka serta dibumbui dengan molase, ikan teri, asam jawa, bawang merah, bawang putih dan bumbu-bumbu lainnya.

Kecap ini memiliki aroma yang unik serta memiliki cita rasa seperti umami. Kecap inggris ini merupakan saus gluten free atau bebas gluten.

4. Kecap ikan
4. Kecap ikan

Selain Kecap Inggris, kecap ikan juga merupakan jenis kecap yang bebas gluten. Kecap ikan juga dikenal tidak mengandung protein kedelai dan dapat meningkatkan rasa makan.

Dilansir dari The Spruce Eats, kecap ikan terbuat dari bahan campuran ikan dan juga garam yang sudah difermentasi selama dua tahun. Kecap ikan yang tradisional dibuat menggunakan ikan yang berminyak seperti ikan teri.

Selain ikan teri, beberapa bahan dari kecap ikan juga dibuat dari seafood, seperti udang, ikan makarel hingga tiram. Kecap ikan juga digunakan sebagai bahan pengganti garam karena lebih sehat.

5. Bragg liquid aminos
5. Bragg liquid aminos

Bragg liquid aminos dapat dijadikan sebagai pengganti kecap dan memiliki tekstur serta warna yang sama dengan kecap pada umumnya.

Dilansir dari Healthline, Bragg liquid aminos ini terbuat dari fermentasi nira kelapa, garam serta air atau olahan kedelai dengan larutan asam yang kemudian dipecahkan menjadi asam amino yang bebas.

Selain itu, Bragg liquid aminos ini juga memiliki rasa asin dan gurih apabila ditambahkan pada makanan dan bebas dari gluten. Biasanya juga digunakan untuk marinasi ikan, daging maupun jadi bahan sup.

6. Kecap dari air kelapa (homemade)
6. Kecap dari air kelapa (homemade)

Pengganti kecap manis yang terakhir adalah air buah kelapa. Kecap ini dapat dibuat di rumah menggunakan bahan yang mudah didapat, seperti air kelapa, serai, kluwek, daun salam, kemiri, garam dan gula jawa.

Hal ini karena adanya asupan gula tambahan akan membuat terhambatnya proses dan program diet yang dilakukan.

Nah, itulah berbagai macam bahan pengganti kecap yang dapat digunakan untuk diet pada anak remaja.