Tips Mengatasi Sakit Kepala Pada Anak Remaja Secara Alami

Tips Mengatasi Sakit Kepala Pada Anak Remaja Secara Alami

Tips Mengatasi Sakit Kepala Pada Anak Remaja Secara Alami – Pusing adalah sensasi seperti melayang, berputar, kliyengan, atau merasa akan pingsan. Pusing bisa dialami oleh siapa saja dan sensasinya dapat dirasakan berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Penyebab sering pusing pada remaja bisa bervariasi, mulai dari kebiasaan main gadget, infeksi, hingga perubahan hormon.

Sebenarnya, kepala pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari suatu kondisi perubahan tubuh atau penyakit tertentu. Pusing merupakan gejala yang sering terjadi, namun jarang menjadi tanda dari suatu kondisi yang berbahaya. Jika terus dibiarkan, gangguan ini bisa mengganggu kegiatan belajar dan kesehariannya.

Penyebab yang beragam itu juga membuat cara mengatasi pusing pada remaja, bisa berbeda tiap orang. Oleh karena itu sebelum mengetahui langkah penyembuhannya, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu pemicunya.

1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Memahami Piramida Makanan sebagai Panduan Makan Sehat Anda - Alodokter

Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan MSG, bisa memicu pusing pada remaja. Oleh karena itu untuk menguranginya, mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah hal yang penting dilakukan.Selain itu, pastikan remaja yang sering pusing tidak melewatkan waktu makannya. Sebab, terlambat makan juga dapat memicu sakit kepala.

2. Relaksasi

Teknik Relaksasi Sederhana untuk Mengusir Stres - Alodokter

Stres adalah salah satu penyebab sering pusing pada remaja yang paling umum. Jadi, relaksasi penting dilakukan untuk membantu menurunkan tekanan atau ketegangan otot-otot sekitar kepala dan leher.Untuk bisa lebih rileks, arahkan remaja untuk lakukanlah hobi atau hal-hal yang disukai setelah pulang sekolah. Bagi waktu antara belajar dan bermain dengan seimbang dan perbanyak bertemu dengan teman-teman saat kepala sudah mulai terasa pusing.

3. Tidur yang cukup

Manfaat Tidur Cukup Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh - Tribunnews.com  Mobile

Tidak jarang, pusing yang dirasakan bisa reda hanya dengan melakukan satu hal sederhana, yaitu tidur. Untuk para anak remaja, tidur di waktu yang tepat dan tidak begadang adalah hal yang perlu dilakukan.

4. Berolahraga secara teratur

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Berolahraga Secara teratur Halaman all -  Kompas.com

Olahraga akan membantu meredakan stres pada remaja dan tidur lebih nyenyak. Aktivitas fisik ini juga akan memicu keluarnya endorfin, hormon pereda nyeri alami dari tubuh.

5. Mengistirahatkan mata

Mengistirahatkan mata bisa atasi pusing pada remaja

Mengistirahatkan mata bisa redakan pusing pada remaja

Mata yang lelah bisa memicu pusing. Jadi, meski saat ini pembelajaran dilakukan secara daring, tidak ada salahnya apabila remaja melakukan jeda untuk mengistirahatkan matanya setiap 20 menit dengan melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

6. Kompres dingin atau kompres hangat

Ketahui Cara Tepat Menggunakan Kompres Hangat dan Dingin

Untuk membantu membuat otot leher dan kepala yang tegang menjadi lebih rileks, Anda bisa mengompres leher dengan kompres dingin atau hangat. Mandi air hangat juga akan membantu meredakan pusing.

7. Menjaga postur tubuh

Postur Tubuh yang Bisa Jaga Kesehatan Tulang Belakang

Memperbaiki postur saat duduk dan berdiri bisa membantu meredakan sekaligus mencegah sakit kepala kembali muncul. Pastikan posisi punggung dan bahu tegak agar risiko pusing bisa dikurangi.